Jumat, 28 Januari 2011

SOPAN SANTUN

Tahukah anda apa sopan santun itu? Yah jelas lah pasti anda tah, sopan santun terdiri atas dua kata; yaitu sopan, yang artinya hormat, takzim dan menurut adab yang baik. Sedangkan kata ke dua yaitu santun, yang berarti budi yang baik, tata krama, kesusilaan dan peradaban yang baik.


Dalam pergaulan, sopan santun sangtlah di perlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Pada dasarnya sikap sopan santun sangatlah mudah di aplikasikan. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan zaman sikap sopan santun nampaknya mulai terbalik dan perlahan-lahan memudar dan mulai menghilang. 

Banyak sumber yang mengatakan bahwa memudarnya sopan santun diakibatkan oleh banyaknya gaya dan tingkah laku orang barat yang mulai masuk dalam kehidupan kita saat ini dengan mudahnya tanpa kita filter.


Kita hidup di belahan bumi timur yang amat menjunjung yang namanya “sopan santun” bahkan sudah menjadi adat kita. Sopan santun merupakan patokan pertama untuk penilaian diri sendiri dan orang lain. Jika kita mempunyai sopan santun yang baik, maka persepsi orang  lain kepada diri kita juga akan baik, dan begitu pula sebaliknya . Contohnya adalah bahasa, BAHASA menunjukkan cerminan pribadi seseorang. Karakter, watak, atau pribadi seseorang dapat diidentifikasi dari perkataan yang ia ucapkan. Penggunaan bahasa yang lemah lembut, sopan, santun, sistematis, teratur, jelas, dan lugas mencerminkan pribadi penuturnya berbudi. Sebaliknya, melalui penggunaan bahasa yang sarkasme, menghujat, memaki, memfitnah, mendiskreditkan, memprovokasi, mengejek, atau melecehkan, akan mencitrakan pribadi yang tak berbudi. 


Sejauh pengamatan saat ini, bila di bandingkan karakter anak sekarang dengan anak zaman dahulu jelaslah sangat berbeda.. Lagi-lagi hal ini di sebabkan “Perkembangan zaman” yang mempengaruhi jiwa anak muda. 

Jadi sudah sepatutnya kita sebagai generasi muda harus bisa memperbaiki etika sopan santun agar bangsa kita tidak kehilangan karakternya.

2 komentar:

ok sob.... kunjungan balik ke http:/komuschoolcontest.blogspot.com/ ok.. :)

Posting Komentar