Sabtu, 15 Januari 2011

Enam Cara Agar Hidup Lebih Damai dan Tenang


Senantiasa dirundung masalah, stress atau tertekan, tak ada salahnya kan bila kita mengikuti langkah-langkah berikut.

Dalam hidup ini, terdapat banyak hal yang membuat kita menjadi terasa tertekan, panik atau stress, misalnya tugas sekolah yang menumpuk, teman tak bersahabat, konflik keluarga,dll. "Hidup ini bagaikan berlian. Adapun warnanya tergantung darimana orang melihatnya", begitulah kata orang bijak, Sob!
Ah... Tak salah memang ucapan itu. Banyak cara untuk bisa membuat kita mengubah kecemasan menjadi ketenandan dan kedamaian. Berikut ini kiatnya. Chek it out!!



PERBAIKI PERSEPSI DIRI SENDIRI




sebaiknya kita berhati-hati dalam menilai diri sendiri. Mengapa? ya... karena kita terbentuk dari apa yang kita pikirkan. gini ya.......... ibarat sebuah kebun, pikiran yang baik akan menghasilkan buah yang baik pula, dan begitu sebaliknya. Ulas kembali pikiran, pusatkan pikiran anda pada harapan dan keberhasilan. Bukan keputus asaan dan kekalahan. Tak jarang perubahan dalam berpikir dan memandang suatu masalah dapat menjadi jalan menuju ketentraman.

MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN





beberapa penelitian dan agama juga menyebutkan manfaat tolong-menolong, diantaranya adalah menenangkan jiwa dan mereka yang aktif berorganisasi dan aktif kegiatan amal lebih sehat di bandingkan mereka yang berdiam diri dan menurut ahli, menolong bisa meningkatkan senyawa kimia otak yang berfungsi meningkatkan mood.

BERJALAN KAKI




salah satu penelitian di California State University,AS, membuktikan bahwa jalan 10 meniit dapat membangkitkan mood dan dengan jalan kaki semangat dan energi yang muncul lebih tahan lama. oleh karena itu bila suatu saat pikiran sedang mumet atau semangat telah menurun segeralah langkahkan kaki anda dan berjalanlah 10 menit.

MENDENGAR MUSIK 




dalam kehidupan manusia, musik ibarat bulan purnama di kegelapan malam......... itulah kata Friedric Richter dan smua itu benar karena musik mampu menenangkan saraf yang menegang,sehingga mengurangi respon psikologis terhadap stress, karenanya jika ingin menciptakan perasaan  damai dan tenang, carilah salah satu musik yang paling disukai. Dan dengarkan musik itu. Anda akan merasa lebih santai dan tenang.

TERTAWALAH




"humor adalah 3 lawan utama dari emosi negatif yaitu kemarahan, ketakutan, dan depresi" ungkap psikiatri dari stanford University Medical School. Mengapa? karena humor mampu membuat kita tertawa dan adakalanya dengan tertawa kita bisa lebih kuat dalam menghadapi suatu masalah.

HARGAI KEINDAHAN DAN KECANTIKAN





salah satu cara efektif untuk mengimbangi berbagai emosi dalam diri kita adalah mengapresiasi dan menghargai keindaha. Tak kalah pentingnya adalah menikmati keindahan alam sebab pada lingkungan alam inilah terkandung keantikan yang paling mendasar. jika ingin perasaan tersentuh dengan keindahan, alam bebaslah yang merupakan tempat terbaik untuk memulainya, misalnya berjalan di sore hari, rekreasi dll.

Yah........... itulah gambaran kecil untuk membantu anda menciptakan ketenangan hidup..... tapi smua tergantung kita bagaimana cara menghadapi hidup ini.......... ;) masih adaa banyaaak lagi cara meningkatkan ketenangan hidup.

0 komentar:

Posting Komentar